Kronologi, Pohuwato – Plt Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, menerima kunjungan Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Gorontalo. Kunjungan itu bertujuan untuk memantau potensi maladministrasi dalam pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) di 16 puskesmas yang ada di Pohuwato. Rabu (9/10/2024).
Menurut Pjs Kepala Ombudsman Perwakilan Gorontalo, Wahyudin Mamonto, bahwa kunjungan itu juga bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap kajian sistemik pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh ombudsman.
“Kami telah melakukan pengambilan data, namun masih ada poin-poin yang perlu dilengkapi oleh pihak Puskesmas,” katanya.
Kata Wahyudin, tanggung jawab atas kualitas pelayanan kesehatan bukan hanya berada di tangan puskesmas, tetapi juga melibatkan dinas kesehatan, pemerintah daerah, hingga DPRD. Sehingga lanjutnya, sinergi semua pihak dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sangat penting untuk menjawab keresahan masyarakat.
“Tanggung jawab ini adalah milik semua pihak. Kami berharap, melalui intervensi kebijakan yang dilakukan oleh Ombudsman, keluhan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas dapat diminimalisir,” pintanya.
Tidak hanya itu, keluhan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas, terutama di UGD kata dia, telah menjadi perhatian selama beberapa tahun terakhir, termasuk perawatan, tenaga medis, obat-obatan dan sarana prasarana.
Ombudsman juga kata dia, menginginkan agar puskesmas bisa mempublikasikan standar pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dinilai penting agar masyarakat memahami hak dan kewajiban mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan.
“Jika standar pelayanan dipublikasikan dan masyarakat mengetahuinya, kami yakin keluhan bisa diminimalisir,” jelasnya.
Sementara itu, Plt Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, menyambut baik kunjungan dan penilaian dari Ombudsman RI. Suharsi berharap masukan dan arahan yang diberikan akan menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah daerah dan Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
“Kami berharap ini menjadi spirit dan motivasi bagi teman-teman untuk meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Meskipun ada keterbatasan, kami berupaya terus memberikan yang terbaik. Semoga dengan masukan ini, kita bisa lebih baik ke depannya. Terima kasih atas perhatian dan masukan dari Ombudsman RI,” pungkasnya.
Penulis: Hamdi