Kronologi, Jakarta – Blibli adalah salah satu platform marketplace ternama di Indonesia. Blibli menyediakan berbagai macam produk pilihan seperti fashion, kebutuhan rumah tangga, make up, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Melalui platform marketplace ini, kamu bisa beli produk pasti asli 100%.
Salah satu kelebihan Blibli adalah berkomitmen terhadap inovasi, kepuasaan konsumen, dan dukungan terhadap ekosistem bisnis lokal. Bahkan lebih dari itu, Blibli pun berperan penting dalam kegiatan sosial dan lingkungan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial bagi perusahaannya.
Canggihnya lagi, Blibli juga kini sedang menerapkan CSIRT (Computer Security Incident Response Team), yakni sistem sekuritas yang diperuntukkan bagi pelanggan guna melindungi data pribadi pelanggan. Blibli telah melakukan standarisasi yang mendapatkan sertifikat keamanan Sistem Manajemen Keamanan Informasi.
Namun, sebelum berbelanja, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sejumlah fakta tentang Blibli berikut ini.
1. Anak Djarum yang Sukses
Blibli menjadi produk pertama persembahan PT Global Digital Niaga yang meraih sukses dalam pelaksanaannya. PT Global Digital Niaga sendiri merupakan anak perusahaan yang dilahirkan oleh PT Djarum pada 2010 lalu.
Blibli mulai berkembang usai didirikan oleh lima orang yakni Kusumo Martanto, Martin Hartono, Lisa Widodo, Hendry, dan Lay Ridwan Gautama pada 2011.
2. Penerima Beragam Penghargaan dari Contact Center World Asia Pasific 2021
Sejak didirikan pada 2011 lalu, Blibli terus menguatkan kualitas layanan dari produknya. Hingga kemudian pada 2021, Blibli berhasil menyabet berbagai penghargaan seperti Best Contact Center, Best Technology Innovation, Best CX Championship, Best Social Media, Best Employee Engagement, dan DREAM Team Award.
Selain itu, Blibli juga mendapatkan berbagai penghargaan lain seperti Selular Award 2020 for “Best E-Commerce Apps” category dan lain – lain.
3. Menyelenggarakan Kompetisi yang Sukses Mencari Pebisnis Kreatif
Blibli terus berkomitmen untuk merangkul pada pebisnis. Salah satu program tersebut diwujudkan oleh Blibli dengan menyelenggarakan kompetisi Blibli Big Star Indonesia pada 2016. Blibli menyelenggarakan kompetisi ini untuk mencari para pelaku usaha yang kreatif untuk terus berinovasi sekaligus berbisnis. Kompetisi ini dilakukan secara selektif dengan menghadirkan para juri dan juga pebisnis sukses lainnya.
4. e-Commerce Pertama di Indonesia yang Mendapatkan Sertifikasi Keamanan Data Konsumen
Kemunculan kasus kebocoran data konsumen yang makin marak, membuat Blibli berinisiatif melakukan program perlindungan data pribadi dari pelanggan mereka. Hal itu diwujudkan dengan dirilisnya sertifikat ISO/IEC 27001:2013, maka artinya Blibli menjamin keamanan data konsumen dari kasus kebocoran data pribadi.
5. Melakukan Ekspansi hingga Senilai Rp. 50 Miliar
Sejak berdiri 2011 lalu, Blibli sudah menggelontorkan modal hingga senilai Rp. 50 miliar untuk seluruh ekspansi yang mereka lakukan. Blibli melakukan ekspansi pastinya untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Selain itu, modal itu pun digunakan untuk mendesain dan mengembangkan layanan pada situsnya untuk kategori baru.
6. Didukung Teknologi Canggih
Sejatinya, Blibli bisa meraih kesuksesan lantaran investasinya dalam teknologi yang canggih. Selain menciptakan platform yang ramah bagi pemakainya, Blibli juga terus menghadirkan inovasi terhadap sistem keamanan, logistik, dan kepuasaan konsumen.
Blibli didukung teknologi kecerdasan buatan seperti AI, analisis data dan kecerdasan bisnis yang telah menjadi inti strategi mereka guna memperkokoh posisinya di pasar marketplace Indonesia.
Kini, Blibli memiliki slogan “Pasti Puas! Pasti di Blibli”. Slogan tersebut senada dengan usaha Blibli yang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan.(adv)