ARAH PANTURA, Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mencatat peningkatan tajam jumlah penumpang selama masa libur panjang Hari Raya Iduladha 1446 H/2025. Dalam rentang lima hari, yakni 5–9 Juni 2025, sebanyak 26.780 tiket kereta api telah disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas masyarakat.
Hingga Senin siang (9/6/2025), atau pada puncak arus balik cuti bersama, tercatat 24.942 tiket telah terjual—setara dengan tingkat okupansi mencapai 93 persen. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan libur Kenaikan Isa Almasih sebelumnya yang hanya mencatat 83 persen okupansi.
“Penjualan tiket mencapai hampir 25 ribu lembar dengan okupansi 93 persen, naik dibanding pekan lalu,” ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin.
Tak hanya keberangkatan, peningkatan juga terlihat pada jumlah penumpang yang tiba di wilayah kerja Daop 3. Selama periode Iduladha, total kedatangan penumpang mencapai 36.970 orang.
Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan menjadi dua titik dengan aktivitas penumpang tertinggi.
Dari data KAI di Stasiun Cirebon sebanyak 15.478 penumpang berangkat, 14.587 penumpang tiba. Sementara di Stasiun Cirebon Prujakan tercatat 6.131 penumpang berangkat, 5.725 penumpang tiba.
Untuk memenuhi lonjakan penumpang, KAI mengoperasikan Kereta Tambahan Cirebon Fakultatif dengan relasi Cirebon–Gambir. Kereta ini memiliki kapasitas 610 kursi per hari, dan beroperasi selama tiga hari pada 7–9 Juni 2025.
Muhibbuddin mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket melalui kanal resmi guna menghindari kehabisan tiket dan antrean panjang.
“Kami sarankan masyarakat menggunakan aplikasi Access by KAI, situs kai.id, atau kanal resmi lainnya. Juga penting untuk datang minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan,” ujarnya.
Lebih lanjut, KAI mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui pemberian diskon tarif 30 persen untuk perjalanan KA kelas ekonomi non-subsidi. Promo ini berlaku selama Juni–Juli 2025, dengan periode pemesanan dan keberangkatan pada tanggal yang sama.
“Diskon ini diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk bepergian dengan kereta api, sekaligus mendorong roda ekonomi daerah,” tambah Muhibbuddin.
Tiket diskon tersedia di semua kanal penjualan resmi KAI, termasuk aplikasi dan situs booking.kai.id. Masyarakat juga dapat mengakses layanan informasi melalui Contact Center KAI 121.
Artikel ini juga tayang di ArahPantura.id