Mengantisipasi lonjakan volume penumpang pada periode libur panjang (long weekend) akhir Mei 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menghadirkan lima perjalanan Kereta Api (KA) tambahan untuk relasi favorit masyarakat. KA tambahan ini dijalankan guna memberikan alternatif pilihan perjalanan bagi pelanggan yang ingin bepergian selama masa libur akhir bulan Mei.
“KA tambahan ini kami operasikan sebagai bentuk komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya menghadapi momen long weekend. Kami mengimbau calon pelanggan untuk segera melakukan pemesanan tiket sebelum habis,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Kamis (22/5).
Berikut daftar 5 KA tambahan yang dijalankan pada periode libur panjang akhir Mei 2025 :
1. KA 30F Anjasmoro
Relasi: Gambir – Surabaya Pasarturi
Tanggal Operasional: 27 – 31 Mei 2025
2. KA 7002B Gajayana Tambahan
Relasi: Gambir – Malang
Tanggal Operasional: 28 – 31 Mei 2025
3. KA 58F Purwojaya
Relasi: Gambir – Cilacap
Tanggal Operasional: 28 – 31 Mei 2025
4. KA 7026 Tambahan PSE–SLO
Relasi: Pasar Senen – Solo Balapan
Tanggal Operasional: 28 – 31 Mei 2025
5. KA Tambahan GMR–YK
Relasi: Gambir – Yogyakarta
Tanggal Operasional: 28 – 31 Mei 2025
Volume Pemesanan Tiket
Hingga 22 Mei 2025, KAI Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 75.904 tiket telah terjual untuk keberangkatan periode 27 – 31 Mei 2025. Relasi favorit tujuan Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan Malang mendominasi jumlah pemesanan. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah seiring mendekatnya hari keberangkatan.
Tiket 5 KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan sejak 21 Mei 2025 kemarin. Sedangkan tiket KA Jarak Jauh (Reguler) lainnya, dapat dipesan mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI (kai.id), serta seluruh channel resmi penjualan tiket lainnya.
“Kami mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanannya dengan matang dan membeli tiket sejak jauh hari agar bisa memperoleh jadwal dan tempat duduk yang diinginkan,” tambah Ixfan.
KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau pelanggan untuk tetap memperhatikan ketentuan perjalanan yang berlaku serta menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama selama dalam perjalanan.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan KAI melalui Contact Center 121, WhatsApp 08111-2111-121, atau media sosial resmi KAI.
Artikel ini juga tayang di VRITIMES