Kronologo, Manado – Pernah mendapat penghargaan dari Presiden RI, sebagai rumah sakit terbaik, dan mendapat akreditasi dengan nilai bintang lima atau paripurna dari lembaga KARS, Rumah Sakit Bhayangkara Manado, yang dikepalai Kompol dr. Chandra Tanoeisan SpKFR, benar benar membuktikan sebagai rumah sakit terbaik yang mampu memberikan layanan optimal dan prima kepada semua pasien, baik yang mengunakan layananan kesehatan BPJS maupun yang non BPJS.
Di hari libur panjang, yang dimulai dengan libur Hari Raya Nyepi sampai dengan libur Idul Fitri, dan usai libur panjang nanti, Rumkit Bhayangkara Manado, menyiapkan Tim Medisnya untuk siap melayani pasien 24 jam. Hal ini diungkapkan Kaur Wasbin RS Bhayangkara Tk.III Manado, dr.Marlon B.M Lumintang, MARS, saat ditemui awak media di ruang kerjanya 28 Maret 2025.
“Untuk layanan kesehatan di rumak sakit Bhayangkara Tingkat III Manado selama liburan panjang ini, kita berjalan normal, untuk pelayanan di instalasi gawat darurat. Selama 24 jam full ada tim medis, baik dokter, perawat stand by 24 jam, untuk mengatasi masalah masalah kesehatan secara gawat darurat yang dialami oleh masyarakat. Sedangkan untuk pelayanan poliklinik sendiri, kita mengikuti jadwal libur nasional jadi tanggal merah ada hari raya Nyepi kemudian ada Idul fitri, itu libut, namun di hari yang lain seperti ada cuti nasional, itu kita berkoordinasi dengan dokter spesialis apakah dokter spesialis itu bersedia melaksanakan praktek, dan terbukti hari ini tanggal 28 Maret hari Jumat ini, sebenarnya ini sudah cuti bersama secara nasional, layanam di rumah sakit Bhayangkara masih tetap berjalan, beberapa layanan spesialis itu tetap berjalan.” Jelas dokter yang dikenal ramah dan energik ini.

” Jadi dilakukan pemantauan, dilakukan assesment kembali, melihat perkembangan pasien, terapi apa yang harus diberikan, dilanjutkan atau dihentikan, atau indikasi pulang kapan itu tetap dilakukan setiap hari karena itu merupakan standar pelayanan minimum dari rumah sakit Bhayangkara Tingkat III Manado ini.” tandasnya terperinci.
Terkenal sebagai Rumah Sakit yang memiliki janji layanan jaminan kesehatan nasional, manajemen RS BhayangkaraTingkat III Manado beserta jajaran berkomitmen mendukung transformasi Mutu, layanan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta JKN, dengan menerima NIK/KTP/KIS Digital untuk pendaftaran pelayanan, tidak meminta dokumen foto copy kepada paserta sebagai syarat pendaftaran pelayanan, memberikan layananan tanpa biaya tambahan diluar ketentuan, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien ( sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan paserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat, dan jani layanan yang terakhir adalah melayani peserta dengan ramah tanpa Diskriminasi.

Janji layanan ini dipampang di publik area, sehinga meningkatkan animo masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan dirumah sakit Bhayangkara ini. Data yang didapat, rentang waktu akhir tahun 2024 sampai dengan akhir Maret 2025 ada 22.765 pasien rawat jalan dan 3749 yang rawat inap di Rumkiit Bhayangkara.
Rumkit Bhayangkaran memiliki 4 besar spesialis, masing-masing penyakit dalam, kandungan, bedah, dan anak. Dan
90 persen pasien yang datang berobat di Rumkit Bhayangkara tercover lewat BPJS.
Penulis. : Anita Tambayong