Kronologi, Sangihe – Masyarakat Sangihe saat ini bisa menyampaikan laporan secara langsung kepada Bupati Michael Thungari (MT) jika ada permasalahan pelayanan pemerintahan yang terjadi di sekitarnya, melalui sistim pengaduan digital “Lapor Bupati” yang telah dilaunching di RSUD Liunkendage Tahuna, Kamis (24/4/2025).
Tujuan layanan pengaduan publik “Lapor Bupati” ini, untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat secara transparan. Juga berkaitan dengan 100 hari kerja pemerintah daerah.
Bupati MT yang turut didampingi Wakil Bupati Tendris Bulahari (TB), dalam sambutannya mengatakan, jika masih terdapat layanan belum optimal dari berbagai wilayah, maka masyarakat bisa langsung melaporkan langsung melalui sistim layanan pengaduan “Lapor Bupati”.
“Selain meningkatkan kualitas pelayanan publik, layanan ini juga sebagai bentuk keterbukaan serta tanggung jawab pemerintah daerah bagi seluruh warga Tampungang Lawo. Saya minta masyarakat tidak perlu takut jika melapor, karena lewat layanan pengaduan ini, kerahasiaan identitas pelapor dijamin aman,” beber Bupati.
Bupati mengatakan, ditetapkannya RSUD Liunkendage sebagai sentral layanan pengaduan “Lapor Bupati” karena paling banyak terjadi keluhan mulai dari persoalan air bersih, kebersihan lingkungan, ketersediaan obat-obatan, hingga pelayanan para medis.
“Saya mengajak kepada seluruh perangkat daerah di semua sektor pelayanan publik, untuk berbenah diri serta proaktif dalam mengatasi setiap persoalan yang menimbulkan keluhan masyarakat,” ujar Thungari.
Intinya, lanjut Bupati, setiap laporan masyarakat ke layanan “Lapor Bupati” hanya bisa diakses oleh tim internal dimana identitas pelapor akan dirahasiakan, namun laporanya akan dipublish secara terbuka sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi pemerintah dalam memberi pelayanan bagi seluruh masyarakat Sangihe.
Penulis: Ronal Katiandagho