Arah Pantura – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengumumkan kesiapan sebanyak 61 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang akan digunakan pemudik saat libur Lebaran 2025.
Dalam konferensi pers yang diadakan di kantor Jasa Marga Tollroad Command Center, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (19/3/2025), Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyampaikan bahwa TIP tersebut tersebar di seluruh ruas jalan tol kelolaan Jasa Marga Grup.
Menurut Lisye, dari 61 TIP yang disiapkan, 59 merupakan rest area operasional dan dua merupakan rest area fungsional. Rincian penempatan TIP meliputi:
- Jalan Tol Dalam Pulau Jawa:
5 TIP di Jalan Tol Jagorawi
2 TIP di Tol Jakarta–Tangerang
8 TIP di Tol Jakarta–Cikampek
2 TIP di Tol Palimanan–Kanci
8 TIP di Tol Cipularang–Padaleunyi
7 TIP di Tol Semarang–Solo
4 TIP di Tol Batang–Semarang
1 TIP di Tol Semarang ABC
6 TIP di Tol Solo–Ngawi
4 TIP di Tol Ngawi–Kertosono
2 TIP di Tol Surabaya–Mojokerto
4 TIP di Tol Pandaan–Malang
2 TIP di Tol Surabaya–Gempol
2 TIP di Tol Gempol–Pasuruan - Jalan Tol Luar Pulau Jawa:
2 TIP di Jalan Tol Medan–Tebing Tinggi
2 TIP di Tol Balikpapan–Samarinda
Lisye menambahkan, “Kami juga menerapkan rest area management system untuk memastikan optimalisasi kapasitas parkir serta kelancaran alur keluar, guna memberikan kenyamanan maksimal bagi pemudik.”
Fasilitas di setiap rest area pun dirancang untuk menunjang kebutuhan pemudik, antara lain ruang laktasi, area istirahat untuk pengemudi, dan posko kesehatan. Selain itu, Jasa Marga bekerja sama dengan BMKG untuk menyediakan early warning system dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem.
Dalam konferensi pers tersebut, Jasa Marga juga memproyeksikan bahwa arus mudik Lebaran 2025 akan mencapai 2,18 juta kendaraan, naik sebesar 1,1 persen dibandingkan periode libur Lebaran tahun sebelumnya. Proyeksi ini dihitung berdasarkan lalu lintas yang keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.
Dengan kesiapan 61 TIP dan penerapan teknologi serta kerja sama lintas instansi, Jasa Marga berkomitmen untuk mendukung kelancaran arus mudik dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pemudik. Langkah strategis ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan efisien bagi masyarakat.**
Artikel ini juga tayang di ArahPantura.id