Kronologi, Gorontalo – Belum lama ini masyarakat mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Dr MM Dunda Limboto yang dinilai lambat menangani pasien hingga meninggal dunia. Anggota Komisi IV DPRD Novalandy Gani turut ikut buka suara.
Noval meminta manajemen RSUD Dr MM Dunda Limboto melakukan evaluasi internal untuk melihat sejauh mana persoalan yang terjadi.
“Pelayanan pasien di rumah sakit ini bukan hal sepele, tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Kami meminta manajemen melakukan evaluasi dan lebih meningkatkan pelayanan kepada pasien rumah sakit,” kata Noval, Senin 2 Desember 2024.
Sebagai sarana kesehatan masyarakat, rumah sakit diharapkan mampu menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan yang berkualitas agar keluhan dan harapan keluarga pasien dapat terpenuhi.
Menurut Noval, pelayanan rumah sakit yang baik tercermin dari keramahan petugas, pelayanan yang cepat, tepat, dan memiliki dokter yang selalu tersedia dan lain-lain.
“Ukuran kepuasan pasien dan keluarga pasien ada pada pelayanan rumah sakit. Pelayanan harus cepat dan tepat, mampu menciptakan kenyamanan, keamanan, hingga melahirkan kepuasan masyarakat,” terang Noval.
Kendati pelayanan rumah sakit sering disampaikan telah efektif, namun pada prakteknya, masih banyak pasien yang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan karena tidak sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.
“Artinya adalah manajemen rumah sakit harus memperbaiki pelayanan pasien agar kepuasan masyarakat dapat lebih meningkat. Keluhan pelayanan pasien A jangan sampai di alami lagi oleh pasien B dan C. Kami berharap masukan ini menjadi perhatian bersama,” tandas Noval.
Penulis: Even Makanoneng