Connect with us

Lifestyle

Traveling, Kenali Manfaat dan Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan!

Published

on

Traveling, Kenali Manfaat dan Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan! 31

Asuransi perjalanan dapat mengurangi risiko finansial ketika Anda melakukan perjalanan pribadi maupun bisnis baik domestik maupun internasional. Pasalnya, jenis asuransi ini memberikan ganti rugi jika terjadi risiko perjalanan selama nasabah bepergian.

Salah satu asuransi bagi traveler yang bisa dipilih adalah asuransi perjalanan dari ACA dengan pilihan proteksi perjalanan dalam negeri maupun luar negeri.

Tak hanya melengkapi diri dan barang bawaan dengan asuransi perjalanan, Anda juga wajib melindungi diri dan kondisi finansial dengan asuransi kesehatan. Salah satu produk yang dapat dipilih adalah asuransi kesehatan terbaik Lippo.

Buat lebih jelasnya mengenai asuransi perjalanan, mari ketahui lewat pemaparan dalam artikel berikut ini!

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan dapat diartikan sebagai jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko di perjalanan. Sebab, ada banyak risiko bisa dialami ketika seseorang melakukan perjalanan, mulai dari kecelakaan, pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi, dan risiko lain yang bisa merugikan nasabah.

Dengan asuransi perjalanan, nasabah yang terdaftar akan mendapat jaminan perlindungan dari berbagai risiko tersebut.

Tak hanya dapat dibeli secara mandiri, asuransi perjalanan juga bisa diperoleh di tiket pesawat atau tiket kereta api, jika ada risiko penumpang secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi untuk perjalanan yang dilakukan.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan terbaik di Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori yang mengakomodasi perjalanan domestik dan internasional, seperti Asia, Visa Schengen, dan Umrah/Haji.

Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi perjalanan, baik domestik dan internasional hingga asuransi Covid-19:

  1. Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan domestik adalah asuransi perjalanan dengan uang pertanggungan di wilayah Indonesia saja. Manfaat asuransi perjalanan dalam negeri biasanya sudah termasuk ke tiket pesawat atau disediakan otomatis pihak maskapai penerbangan.

Manfaat yang diberikan biasanya berupa santunan meninggal dunia atau cacat jika terjadi risiko kecelakaan pesawat.

  1. Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi perjalanan internasional atau dikenal juga asuransi perjalanan Visa Schengen menjadi salah satu dokumen wajib jika ingin berpergian ke salah satu dari 26 negara di Eropa.

Berikut ini merupakan manfaat yang ditanggung asuransi perjalanan Visa Schengen, yaitu kerusakan bagasi, ketinggalan pesawat, hingga kecelakaan.

Selain wilayah Schengen, Jepang juga mewajibkan turis memiliki asuransi perjalanan ketika berkunjung. Karena itu, jika ingin berkunjung ke Jepang, sebaiknya daftarkan diri dalam asuransi perjalanan Asia terlebih dahulu sebelum mengajukan visa Jepang.

  1. Asuransi Perjalanan Covid-19

Asuransi perjalanan Covid 19 merupakan asuransi perjalanan yang memiliki jaminan biaya medis untuk Covid-19. Peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi secara global menyebabkan negara-negara menerapkan syarat untuk memiliki asuransi perjalanan Covid-19 bagi yang ingin bepergian ke luar negeri.

Per April 2022, peraturan bepergian ke luar negeri kini telah dilonggarkan. Bagi Warga Negara Asing yang hendak masuk ke wilayah Indonesia maupun Warga Negara Indonesia yang ingin masuk ke negara tertentu, secara umum berlaku untuk memperlihatkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis kedua dan juga hasil PCR yang negatif.

Untuk perjalanan domestik, kini sudah tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun antigen saat bepergian jika sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau dosis ketiga (booster). Jika masih baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau dengan komorbid maka wajib untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun antigen saat bepergian.

Contoh travel insurance Covid atau asuransi perjalanan yang mencakup jaminan dan manfaat terkait Covid-19 seperti Asuransi Perjalanan Allianz (Allianz TravelPro) dan Asuransi Perjalanan Sinarmas (Simas Travel Overseas).

Harga asuransi perjalanan Covid-19 dari Sinarmas mulai dari Rp30 ribuan per bulan. Setiap perusahaan asuransi tentu menawarkan harga premi yang berbeda karena manfaatnya juga berbeda-beda. Umumnya asuransi perjalanan Covid-19 ini juga merupakan rider atau manfaat tambahan dari asuransi perjalanan dasar. Jadi harganya juga menyesuaikan dengan polis utama.

Manfaat yang Diberikan

Seperti halnya jenis asuransi lain, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan untuk diri maupun barang yang dimiliki.

Berikut ini adalah beragam manfaat sangat besar yang diberikan asuransi perjalanan:

  1. Kompensasi Penundaan Perjalanan

Penundaan perjalanan bisa saja terjadi dan bisa disebabkan karena kerusakan pada armada, cuaca yang buruk, kerusuhan, dan lain-lain. Jika risiko ini terjadi pemilik asuransi perjalanan tidak perlu gusar karena akan mendapatkan kompensasi.

  1. Kompensasi Kehilangan Paspor

Perjalanan keluar negeri di sejumlah negara membutuhkan paspor sebagai dokumen wajib untuk keperluan administrasi.

Sayangnya, beberapa penumpang mengaku kehilangan paspor dan butuh waktu lama untuk mengurusnya. Sekaligus butuh biaya, maka asuransi untuk perjalanan memberi kompensasi untuk risiko satu ini.

  1. Kompensasi saat Kehilangan Bagasi

Dalam perjalanan, seperti naik pesawat biasanya penumpang akan menaruh barang bawaan berat di bagasi.

Bagasi ini tentunya dengan sistem dititipkan yang kemudian rawan hilang karena tertinggal, tertukar, dan lain-lain. Asuransi untuk perjalanan memberikan kompensasi untuk risiko ini.

  1. Biaya Perjalanan Darurat

Karena satu dan lain hal penumpang perlu melakukan perjalanan darurat untuk kembali ke tempat atau negara asal. Misalnya, ada keluarga yang jatuh sakit atau meninggal. Perjalanan darurat ini kemudian biayanya akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.

  1. Biaya Medis

Dalam perjalanan risiko mengalami kecelakaan cukup tinggi, apapun jenis moda transportasi yang digunakan.

Risiko kecelakaan membuat penumpang menjalani pengobatan di luar kota sampai luar negeri tergantung destinasi perjalanan. Biaya medis ini kemudian ditanggung oleh asuransi.

  1. Kompensasi Kerusuhan

Jika di wilayah atau negara tujuan kemudian mendadak ada kerusuhan dan terancam di sana. Maka nasabah yang memiliki asuransi untuk perjalanan yang dilakukan mendapatkan kompensasi kerusuhan.

  1. Biaya Hukum

Dalam perjalanan tidak tertutup kemungkinan nasabah akan melukai orang lain, karena menyebabkan orang lain terluka. Sehingga mendapatkan tuntutan hukum, biaya untuk mengatasi tuntutan ini aka ditanggung penyedia asuransi.

  1. Santunan Kematian dan Disabilitas

Jika nasabah yang melakukan perjalanan mengalami kecelakaan lalu meninggal atau mengalami disabilitas. Maka nasabah berhak mendapatkan santunan atas resiko tersebut, jika meninggal maka santunan diberikan kepada ahli waris.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

Tindak Lanjut Laporan Masyarakat, Polisi Datangi Room Karaoke Berkedok Rumah Makan 40 Tindak Lanjut Laporan Masyarakat, Polisi Datangi Room Karaoke Berkedok Rumah Makan 41
Kriminal3 minggu ago

Tindak Lanjut Laporan Masyarakat, Polisi Datangi Room Karaoke Berkedok Rumah Makan

Kronologi, Gorontalo – KBO Sat Intelkam Polresta Gorontalo Kota dan Kapolsek Kota Utara mendatangi pemilik rumah makan Kedai 69 yang...

Hendak Selundupkan Cap Tikus, Mobil Pengangkut Bawang Diamankan Polisi di Gorut 42 Hendak Selundupkan Cap Tikus, Mobil Pengangkut Bawang Diamankan Polisi di Gorut 43
Kriminal2 bulan ago

Hendak Selundupkan Cap Tikus, Mobil Pengangkut Bawang Diamankan Polisi di Gorut

Kronologi, Gorontalo – Satu unit mobil pick up dengan nomor polisi DM 8317 BN diamankan aparat Polres Gorontalo Utara (Gorut)...

Disangka Teroris, Seorang Warga Pengidap Gangguan Mental Ditangkap Polisi 44 Disangka Teroris, Seorang Warga Pengidap Gangguan Mental Ditangkap Polisi 45
Kriminal2 bulan ago

Disangka Teroris, Seorang Warga Pengidap Gangguan Mental Ditangkap Polisi

Kronologi, Gorontalo – Kepolisian Resor Gorontalo mengamankan warga berinisial SR alias Arif (35) karena sempat ditenggarai seorang teroris. Penangkapan warga...

Polisi Gerebek Tempat Penyulingan Cap Tikus di Gentuma Raya 46 Polisi Gerebek Tempat Penyulingan Cap Tikus di Gentuma Raya 47
Kriminal2 bulan ago

Polisi Gerebek Tempat Penyulingan Cap Tikus di Gentuma Raya

Kronologi, Gorontalo – Aparat kepolisian dari Polres Gorontalo Utara (Gorut) dibantu Polsek Gentuma Raya, menggerebek satu tempat penyulingan minuman keras...

Polisi Amankan Ratusan Liter Miras dari Sejumlah Lokasi di Gorontalo Utara 48 Polisi Amankan Ratusan Liter Miras dari Sejumlah Lokasi di Gorontalo Utara 49
Kriminal3 bulan ago

Polisi Amankan Ratusan Liter Miras dari Sejumlah Lokasi di Gorontalo Utara

Kronologi, Gorontalo – Kapolres Gorontalo Utara (Gorut) AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution, meminta agar masyarakat turut berperan aktif dalam pemberantasan...

Polda Gorontalo Tangani Enam Kasus Besar Batu Hitam, Ini Daftarnya 50 Polda Gorontalo Tangani Enam Kasus Besar Batu Hitam, Ini Daftarnya 51
Kriminal3 bulan ago

Polda Gorontalo Tangani Enam Kasus Besar Batu Hitam, Ini Daftarnya

Kronologi, Gorontalo – Sepanjang periode 2021-2022, Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo telah menangani enam kasus besar penambangan dan pengangkutan material batu...

Tumpukan Ribuan Karung yang Diduga Batu Hitam di Bone Bolango Raib 52 Tumpukan Ribuan Karung yang Diduga Batu Hitam di Bone Bolango Raib 53
Kriminal3 bulan ago

Tumpukan Ribuan Karung yang Diduga Batu Hitam di Bone Bolango Raib

Kronologi, Bone Bolango – Ribuan karung yang menumpuk di pinggir jalan dan terpasang garis polisi di Desa Buludawa, Kecamatan Suwawa,...

Dor! Oknum Polisi Tembak Karyawan Perusahaan Leasing di Kota Gorontalo 54 Dor! Oknum Polisi Tembak Karyawan Perusahaan Leasing di Kota Gorontalo 55
Kriminal3 bulan ago

Dor! Oknum Polisi Tembak Karyawan Perusahaan Leasing di Kota Gorontalo

Kronologi, Gorontalo – Seorang karyawan perusahaan leasing di Kota Gorontalo menjadi korban penembakan yang dilakukan oleh salah seorang oknum anggota...

Facebook

Advertisement

Terpopuler

Copyright © 2018 PT Ininnawa Digital Media