Selasa, Mei 24, 2022
KRONOLOGI.ID
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini
No Result
View All Result
KRONOLOGI.ID
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini
No Result
View All Result
KRONOLOGI.ID
No Result
View All Result
Home Headline

32 Juta Konsumen RI Pilih Belanja Online Sepanjang 2021

REDAKSI by REDAKSI
29/12/2021
in Headline, Nasional
A A
32 Juta Konsumen RI Pilih Belanja Online Sepanjang 2021

Ilustrasi


Kronologi, Jakarta — NielsenIQ mencatat jumlah konsumen belanja online di Indonesia yang menggunakan e-commerce mencapai 32 juta orang pada 2021. Jumlahnya melesat 88 persen dibandingkan 2020 yang hanya 17 juta orang.

Direktur Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan jumlah konsumen belanja online meningkat karena pengguna internet di Indonesia naik 32 persen dari 34 juta menjadi 45 juta orang sepanjang tahun ini.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang membatasi mobilitas masyarakat dalam mengendalikan penyebaran covid-19 di Tanah Air juga menambah jumlah konsumen yang berbelanja secara online.

“Kenaikan internet users dan online shoppers terjadi karena kita mengalami PSBB sampai PPKM yang membuat kita banyak melakukan aktivitas di rumah sejak 2020. Mobilitas di dalam kota jadi terhambat dan mengubah behaviour konsumen,” ujar Rusdy di konferensi pers virtual, Rabu (29/12/2021).

alterntif text

Rusdy mengatakan kenaikan jumlah konsumen belanja online di Indonesia membuat volume dan nilai transaksi belanja masyarakat ikut meningkat, khususnya pada hari belanja online nasional alias harbolnas.

Tercatat, volume transaksi belanja naik 7,4 kali pada masa harbolnas dari pembelian konsumen pada hari biasa. Begitu juga dengan nilai transaksi yang naik 56 persen dari Rp11,6 triliun menjadi Rp18,1 triliun.

Menurut Rusdy, ada beberapa hal yang membuat minat belanja para konsumen meningkat di masa harbolnas. Faktor utamanya karena pengguna menunggu gratis ongkos kirim (ongkir).

Jumlah konsumen menunggu ongkir gratis mencapai 80 persen dari total konsumen yang berbelanja pada masa harbolnas. Bebas ongkir utamanya berlaku untuk pengiriman barang dengan durasi 2-3 hari.

Bila ada ongkir pun, sambungnya, besaran pengeluaran pembeli cenderung turun pada tahun ini. Tercatat, rata-rata biaya ongkir e-commerce turun sekitar Rp2.000 menjadi Rp17 ribu per transaksi untuk wilayah Jawa.

Begitu juga untuk luar Jawa yang nominalnya turun Rp2.000 menjadi Rp29 ribu per transaksi. Sisanya, minat belanja saat harbolnas muncul karena tawaran uang kembali (cashback), diskon, dan voucher.

Editor: Alfian Risfil A
Tags: Belanja OnlineE commerceNielsen IndonesiaRusdy Sumantri
alterntif text
Previous Post

KPK Cekal Mantan Dirjen Kemendagri ke Luar Negeri

Next Post

Dihajar 4-0, Shin Masih Yakin Leg Kedua Indonesia Bisa Balas Thailand

Related Posts

Cara Aman Pakai Paylater

Waspada, Ini Tips Belanja Online yang Aman

04/12/2021
Pilih Pay Later atau Kartu Kredit saat Belanja Online?

Pilih Pay Later atau Kartu Kredit saat Belanja Online?

12/11/2021
Menciptakan Peluang Bisnis di Sektor E-Commerce

Menciptakan Peluang Bisnis di Sektor E-Commerce

09/11/2021
UMKM Harus Kreatif di Ruang Digital untuk Bertahan di Masa Pandemi

Yuk Lakukan Hobi Kita yang Lebih Produktif daripada Scroll Belanja Online Saja

21/10/2021
Next Post
Dihajar 4-0, Shin Masih Yakin Leg Kedua Indonesia Bisa Balas Thailand

Dihajar 4-0, Shin Masih Yakin Leg Kedua Indonesia Bisa Balas Thailand

Masih Dibutuhkan Rakyat, Pertamina Harus Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite

Masih Dibutuhkan Rakyat, Pertamina Harus Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite

Discussion about this post

TOP STORIES



  • Tentang Kronologi.id
  • Redaksi
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber

© 2018 Kronologi.id. All right reserved

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini

© 2018 Kronologi.id. All right reserved