Kamis, Mei 26, 2022
KRONOLOGI.ID
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini
No Result
View All Result
KRONOLOGI.ID
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini
No Result
View All Result
KRONOLOGI.ID
No Result
View All Result
Home Bisnis

Penjualan Menurun? Ini Enam Tips Tingkatkan Performa Toko Online

REDAKSI by REDAKSI
04/11/2021
in Bisnis, Tekno
A A
Penjualan Menurun? Ini Enam Tips Tingkatkan Performa Toko Online

Image by freepik


Kronologi, Jakarta – Kemajuan zaman membuat tidak sedikit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang kini go digital dan berjualan secara online. Namun pandemi Covid-19 yang menghantam membuat penjualan menurun, karena menurunnya daya beli masyarakat. Apa yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkannya ya?

Josephine Brightnessa, seorang Marketing Manager, menjelaskan bahwa untuk bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan, UMKM wajib terus berinovasi.

“Tidak boleh stagnan alias diam begitu-begitu saja ya. UMKM dan toko online tetap harus berinovasi supaya tidak kalah dengan kompetitor,” tutur perempuan yang akrab disapa Jojo ini, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah kota Sorong, Papua Barat, Selasa (2/11/2021).

Jojo pun membagikan enam tips meningkatkan performa penjualan toko online yang bisa Anda coba. Apa saja?

alterntif text

1. Gunakan bahasa sederhana
Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sangat penting bagi penjual. Bahasa yang sederhana terkait deskripsi barang, iklan dan promosi, maupun saat membalas chat membuat pelanggan lebih nyaman berbelanja.

2. Pahami syarat dan ketentuan
Tidak sedikit pelaku UMKM yang go digital namun belum memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku di sebuah marketplace.

“Harus dibaca dengan jelas, misalnya soal pengiriman, apakah ada pilihan instan? Kalau ada, kita harus siap mengirim sesegera mungkin ketika pesanan diterima. Kalau tidak, toko bisa kena pinalti dan penjual mengalami kerugian,” paparnya.

3. Digital marketing

Penggunaan digital marketing mulai dari google ads, facebook ads, dan berbagai macam ads lainnya penting agar produk UMKM muncul di lebih banyak halaman pencarian internet.

“Penggunaan digital marketing juga harus diimbangi dengan branding di sosial media yang konsisten, termasuk beriklan di marketplacenya langsung,” terangnya.

4. Foto produk

Aspek visual termasuk penggunaan foto produk yang jelas juga sangat berpengaruh terhadap penjualan. Jika foto yang ditampilkan jelek dan tidak menarik, pelanggan pun enggan membeli produk tersebut.

5. Pelayanan pelanggan

Pelayanan pelanggan yang maksimal membuat Anda berkesempatan mendapatkan review yang baik. Review yang baik adalah salah satu tanda kepercayaan pelanggan, yang membuat produk Anda lebih menonjol dibanding kompetitor.

“Kita saja kalau mau beli barang, pasti liat review tokonya dulu kan. Apakah pelanggan lain memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, admin toko baik, dan mau menerima keluhan. Makanya kita sebagai penjual juga harus memerhatikan itu,” terangnya lagi.

6. Aktif di market place

Kekinian, tidak sedikit market place yang menyelenggarakan promosi secara daring lewat program diskon. Di sini, Anda harus aktif mengikuti program tersebut.

“Biasanya 11.11 ada promo kan, nah toko kita juga harus ikut termasuk dalam yang memberikan promo. Ini dipastikan bakal meningkatkan penjualan,” terangnya.

Hadir juga dalam webinar kali ini Yulia Dian (penulis dan konten kreator), Syafruddin Sabonnama (Anggota DPRD Kota Sorong), dan Chika Mailoa (Key Opinion Leader).

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Editor: Zulhamdi
alterntif text
Previous Post

Kinerja di Bawah Standar dan Kerap Bikin Gaduh, Jokowi Sepertinya Tak Bernyali Reshuffle Menteri

Next Post

Andika Calon Panglima TNI, Mahfud: Pilihan Presiden Mantap, Tak Diombang-ambing Opini

Related Posts

Soal Kepemimpinan Gibran di Solo, Jokowi: Saya Enggak Ngikuti

Soal Kepemimpinan Gibran di Solo, Jokowi: Saya Enggak Ngikuti

26/05/2022
Politisi Senior Partai Golkar: Munaslub Bukan Barang Haram

Partai Golkar Disebut Mustahil Ditinggalkan Jokowi

26/05/2022
Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Singgung UU TPKS sebagai Dukungan bagi Perlindungan Perempuan

Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Singgung UU TPKS sebagai Dukungan bagi Perlindungan Perempuan

26/05/2022
Dukung Marulla Matali Jadi Pj Gubernur DKI, Ormas Betawi: Marulla Paling Paham Jakarta

Dukung Marulla Matali Jadi Pj Gubernur DKI, Ormas Betawi: Marulla Paling Paham Jakarta

26/05/2022
Next Post
Andika Calon Panglima TNI, Mahfud: Pilihan Presiden Mantap, Tak Diombang-ambing Opini

Andika Calon Panglima TNI, Mahfud: Pilihan Presiden Mantap, Tak Diombang-ambing Opini

Risiko File Sharing Gratis

Risiko File Sharing Gratis

Discussion about this post

TOP STORIES



  • Tentang Kronologi.id
  • Redaksi
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber

© 2018 Kronologi.id. All right reserved

No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Regional
  • Internasional
  • Politik
  • Bisnis
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Tekno
  • Opini

© 2018 Kronologi.id. All right reserved