Kronologi, Asahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melaunching pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kantor Camat Pulau Rakyat, Jumat (26/3/2021).
Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Asahan, Surya, menjelaskan dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh masyarakat.
“Hal ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya,” kata Surya.
Surya mengatakan, lounching pelayanan Adminduk kali ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Asahan. Apalagi, saat ini pelayanan Adminduk tidak hanya terpusat di ibu kota Kabupaten Asahan, akan tetapi pelayanan juga dilakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat yang mencakup 6 kecamatan lainnya.
“Dengan launching pelayanan Adminduk pada hari ini, maka pelayanan administrasi kependudukan yang selama ini terpusat di ibu kota kabupaten terutama pencetakan kartu keluarga, akte kelahiran dan pencetakan KTP-el sudah dapat dilakukan di kantor Camat Pulau Rakyat yang melayani 6 kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong,” jelas Surya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan, Supriyanto mengatakan, lounching pelayanan Adminduk merupakan dari implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Disamping itu, pelayanan Adminduk bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus Adminduk.
“Dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter,” ujarnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan, dengan launching Adminduk, kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen Adminduk bisa meningkat, disamping adanya program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat thun 2019 yang lalu.
“Jenis layanan Adminduk yang dilaunching pada hari ini adalah pengurusan KK, akte kelahiran, perekaman KTP-el, pencetakan KTP-el,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, sebanyak 4.719 keping KIA, diserahkan olek Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan kepada masyarakat setempat secara simbolis.
Penulis: Arlin Simbolon
Editor : Atho
Discussion about this post