Thariq Modanggu Siap 'Mati-matian' Kawal Persoalan Tapal Batas Buol-Gorut - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

Thariq Modanggu Siap ‘Mati-matian’ Kawal Persoalan Tapal Batas Buol-Gorut

Published

on

Gorut, KRONOLOGI – Polemik tapal batas antara Kabupaten Buol dan Kabupaten Gorontalo Utara hingga saat ini terus bergulir. Klaim pemeritah Kabupaten Buol yang memasukkan desa Cempaka Putih, Desa Papualangi, dan Desa Nanati sebagai bagian dari wilayahnya menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Padahal selama ini 3 desa tersebut adalah bagian dari Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara.

Hal inilah yang mengakibatkan munculnya gelombang aksi penolakan dari warga 3 desa tersebut yang tidak ingin wilayahnya diklaim oleh pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Menanggapi persoalan tersebut, Wakil Bupati Terpilih Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan bahwa sebagai tokoh asli Tolinggula dirinya tidak rela ada wilayah Tolinggula yang dicaplok oleh kecamatan lain. Apalagi kecamatan tersebut adalah kecamatan yang berada diluar wilayah yuridis Gorontalo Utara.”Tidak ada sedikitpun tanah milik Kecamatan Tolinggula bisa diambil oleh pihak lain. Saya sebagai tokoh Gorut dan asli orang Tolinggula tidak akan membiarkan hal itu terjadi.” ungkap Thariq.

Thariq juga berjanji akan mengawal persoalan tapal batas tersebut sampai tuntas. “Saya akan kawal sampai dengan tuntas permasalahan tapal batas ini.” tandas Thariq.

Rencananya, pada 10 September 2018 mendatang akan ada pertemuan antara pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara dan Pemerintah Kabupaten Buol yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri RI terkait persoalan pergeseran tapal batas tersebut.(KR05)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Facebook

Terpopuler