Pasutri Di Gorut Wajib Kantongi Buku Nikah - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

Pasutri Di Gorut Wajib Kantongi Buku Nikah

Published

on

Foto Buku Nikah. (Istimewa)

Gorut, KRONOLOGI – Seluruh pasangan suami istri (Pasutri) di Gorontalo Utara diharuskan memiliki buku nikah sebagai tanda bukti sahnya pernikahan. Hal ini disampaikan Bupati Gorut Indra Yasin beberapa waktu lalu usai menghadiri sidang isbat nikah mobile di Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara.

Indra Yasin mengungkapkan bahwa saat ini ada 1.189 warga Gorontalo Utara yang sudah menikah belum memiliki surat nikah. Sehingga dirinya sangat berharap hal ini bisa segera teratasi.

“Pernikahan tidak hanya disahkan secara agama, akan tetapi juga harus sah dan diakui negara. Buku nikah adalah bukti jika pernikahan itu diakui negara.” ujar Indra Yasin.

Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo Utara, bahwa kepemilikan buku nikah juga sangat membantu dalam memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi, seperti akta kelahiran, KTP, dan juga kartu keluarga.

Untuk itu, mantan Sekda Gorontalo Utara ini berharap agar para aparat desa, kecamatan, para imam dan petugas KUA agar dapat lebih pro aktif membantu masyarakat yang belum memiliki buku nikah.

“Selain itu, saya sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa pembuatan akta Kelahiran, kartu keluarga, dan KTP di Gorut gratis, atau tidak ada pungutan biaya apapun,” pungkas Bupati 2 Periode ini. (KR06)

Trending

Facebook

Terpopuler