KPA Bonebol Seminarkan Pembangunan Ruas Jalan Bulontala-Botutonuo - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

KPA Bonebol Seminarkan Pembangunan Ruas Jalan Bulontala-Botutonuo

Published

on

Bonebol, KronologiKomisi Penilai Amdal (KPA) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menggelar Seminar Kerangka acuan rencana kegiatan pembangunan ruas jalan Bulontala Kecamatan Suwawa Selatan-Botutonuo Kecamatan Kabila Bone, di Gedung Eksekutif Meeting Room (EMR) Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bonebol, di Kecamatan Kabila, Rabu (12/9).

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Bonebol Tanwir Ali. Dalam sambutannya, Tanwir Ali mengatakan, pembangunan ruas jalan Bulontala-Botutonuo merupakan salah satu rencana strategis Bupati Bonebol Hamim Pou untuk membuka askes jalan baru menuju pusat pemerintahan Bonebol. Selain itu, juga untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan pelayanan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Bone Pesisir.

“Dengan adanya akses jalan ini, transportasi dari pusat pemerintahan Kabupaten Bonebol di Kecamatan Suwawa ke wilayah Bone Pesisir atau sebaliknya menjadi lancar dan singkat karena tidak perlu lagi melewati Kota Gorontalo,” kata Tanwir Ali dalam sambutannya.

Oleh karena itu, lanjut dia, penyusunan dokumen Amdal (Analisis Dampak Lingkungan) atas pembangunan ruas jalan Bulontala-Botutonuo menjadi salah satu persyaratan penting untuk mendapatkan ijin pakai hutan lindung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

“Jadi untuk mendapatkan izin pinjam pakai dari KLHK, maka dibutuhkan dokumen Amdal. Dan hal itu diseminarkan, selanjutkan menjadi dasar untuk pembangunan fisik ruas jalan Bulontala-Botutonuo,” jelas Tanwir Ali.

Tanwir menambahkan untuk rencana kegiatan pembangunan ruas jalan Bulontala-Botutonuo sendiri, yakni sepanjang 6,69 kilo meter dengan lebar 20 meter.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Facebook

Terpopuler