Hadiri Peresmian Korem 133, Bupati Indra Yasin Ceritakan Soal Ini
Connect with us
alterntif text

Daerah

Hadiri Peresmian Korem 133, Bupati Indra Ceritakan Sejarah Perjuangan Gorontalo

Published

on

Gorut, Kronologi Bupati Gorontalo Utara Dr. Hi. Indra Yasin, MH turut menghadiri Peresmian Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo, Kamis (13/9) di Desa Tridharma, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

Dalam kesempatan itu, Indra Yasin menyampaikan kebanggaannya terhadap Markas Komando Resort Militer yang memakai nama pahlawan pejuang kemerdekaan nasional asal Gorontalo, Nani Wartabone.

“Saya turut merasa bangga dan terima kasih bahwa korem 133 Gorontalo ini yang telah menggunakan nama pahlawan Nasional Gorontalo, Nani Wartabone,” kata Indra Yasin.

Indra Yasin menceritakan, daerah Gorontalo merdeka 3 tahun sebelum Indonesia Merdeka. Menurutnya, pada tahun 1942 lalu, ada 2 daerah yang menyatakan merdeka dari Belanda, yaitu Aceh dan Gorontalo.

“Nah tapi ketika itu penjajah di tanah air masih cukup kuat di sejumlah daerah. Nanti pada tahun 1945 baru Indonesia merdeka secara menyeluruh,” jelas Bupati Indra Yasin.

Oleh karena itu, Bupati Indra menilai Keberadaan korem 133/Nani Wartabone Gorontalo sangat tepat dan strategis lantaran pesisir Utara Indonesia yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo Utara jika dilihat dari sisi Geografis Gorontalo Utara berhadapan dengan laut pasifik, dan terbuka dengan negara-negara seperti Filipina, Malaysia, Vietnam dan negara Tetangga asia lainnya.

“Tentu ini sangat rawan dari sisi keamanan. Wilayah Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorut sangat terbuka baik di wilayah laut maupun udara. Sehingga tak heran bila di Kabupaten Gorut memiliki banyak satuan seperti Yonif 713, 715, Brigif 22 Otamanasa, Satradar, Auri, Radar AU, untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia,” sambung Indra Yasin.

Lebih lanjut, Indra Yasin menjelaskan, Gorontalo Utara dianggap sangat membutuhkan satuan keamanan yang lengkap. Sebab daerah Gorut sering dilewati kapal-kapal asing negara tetangga, paling tidak pertahanan dinilai mesti kuat baik dipesisir utara, barat dan udara Harus aman dari setiap pergerakan dari pesawat tempur negara lain.

“Saya menganggap penting keberadaan Korem 133/Nani Wartabone, karena berdampak pada sektor ekonomi yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gorontalo, dan Sisi peningkatan SDM dan membuka peluang besar perekrutan akademi Angkatan TNI baru dari Generasi muda Gorontalo,” jelas Bupati dua Periode ini.

Indra berharapa, dalam waktu dekat Kodim di Gorut bisa dibangun sebagai penunjang Korem 133 Nani Wartabone. Tak lupa Indra Yasin menyampaikan terima kasih kepada KASAD Jendral TNI Mulyono bersama jajarannya yang telah mendukung serta meresmikan Pembangunan Korem 133 Nani Wartabone Gorontalo ini.

Bupati Indra juga mengungkapkan rasa bangga dengan hadirnya Korem 133 Gorontalo guna lebih memperkuat satuan Keamanan di daerah Provinsi Gorontalo, khususnya di Wilayah Pesisir Utara Indonesia.(KR06)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Facebook

Terpopuler