APBD Kabupaten Gorontalo Ketambahan 200 Miliar - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

APBD Kabupaten Gorontalo Ketambahan 200 Miliar

Published

on

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (kiri), Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo (kanan). Foto: Irfan Humas

Limboto, KRONOLOGI Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Gorontalo (APBD) mengalami kenaikan dari awalnya 1,4 triliun rupiah menjadi 1,6 triliun rupiah.

Naiknya anggaran Kabupaten Gorontalo itu, kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo disebabkan karena adanya kenaikan pendapatan asli daerah (PAD).

“Dimana PAD kita itu naik hampir 80 miliar. Dari 119 miliar menjadi 199 miliar. Peningktan PAD kita sangat luar biasa,” kata mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo ini.

Alokasi penambahan jumlah anggaran yang kini dibahas di DPR, kata Nelson, lebih difokusnya pada kepentingan masyarakat umum, terutama sektor pertanian. “Pertanian itu bukan pertanian saja, tetapi didalamnya ada peternakan, perikanan, dan hal-hal yang berkaitan dengan sektor itu, seperti irigasi.” kata Bupati Nelson.

Selain itu pula, adanya program peningkatan sumber daya manusia (SDM) dilingkungan aparatur pemerintahan dan penambahan jumlah tenaga honor.

Untuk APBD Perubahan tahun ini kata Nelson, pihaknya tidak fokus pada anggaran proyek-proyek besar, karena pertimbangan waktu yang tidak memungkinkan. “Karena APBD-P itu harus mempertimbangkan waktu. Waktu kita kurang, katakanlah September ini selesai. Jadi waktu yang tersisa kurang tiga bulan. Maka, tidak ada proyek-proyek fisik yang besar. Kita lebih fokus ke pemeliharaan, aspirasi terbatas dari masyarakat, dan operasional pemerintahan,” tandasnya.(KR05)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Facebook

Terpopuler