Keutamaan Kurban di Idul Adha - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Khazanah

Keutamaan Kurban di Idul Adha

Published

on

Ilustrasi Foto.(Image Source)

Jakarta, KRONOLOGI – Idul Adha atau juga disebut dengan Idul Qurban, adalah hari dimana seluruh umat Islam yang berkesanggupan diwajibkan untuk berkurban. Dalam kurban itu ada banyak keutamaan yang terkadung. Seperti dalam Hadist Nabi Muhammad SAW:

Zaid ibn Arqam, Ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?”, Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunahnya Bapak kalian, nabi Ibrahim as.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami peroleh dengan Qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Bagaimana dengan bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah)

Pelaksanaan Idul Qurban ini sendiri didasarkan atas peristiwa bersejarah, dimana kala itu Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah SWT melalui mimpinya untuk menyembelih anaknya Ismail AS.

Disini ketakwaan Ismail pun diuji. Dengan ikhlas Ismail menurutinya. Dikisahkan Nabi Ibrahim kala itu tidak sanggup melihat ketakwaan anaknya yang begitu ikhlas mengurbankan dirinya demi menuruti perintah Sang Khaliq. Tatkala pisau tajam yang dipersiapkan Nabi Ibrahim as akan menyentuh leher Ismail, Allah SWT melaui malaikat Jibril menggantikan Ismail dengan seekor gibas, sehingga Ismail selamat dari proses penyembelihan itu.

Dengan contoh yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Ismail itu, maka diperintahkan kepada setiap umat Islam agar jangan sampai terpenjara oleh kecintaan kepada dunia (harta dan kedudukan) secara berlebihan dan membawa dirinya lupa kepada hakikat dan tujuan hidupnya yang sejati yaitu memperoleh keridhoan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Facebook

Terpopuler