Jelang Bertemu Kemendagri, Tim Tapal Batas Gorut Siapkan Dokumen Sejarah - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

Jelang Bertemu Kemendagri, Tim Tapal Batas Gorut Siapkan Dokumen Sejarah

Published

on

Wakil Bupati Terpilih Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat menghadiri rapat penegasan tapal batas Buol-Tolinggula. Foto: Humas

Gorut, KRONOLOGI – Menjelang pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tim Penegasan Tapal Batas Kabupaten Goroltalo telah mempersiapkan diri dengan berbagai upaya dan langkah strategis. Tim Penegasan Tapal Batas telah menyusun berbagai dokumen serta data sejarah yang menegaskan bahwa wilayah Kabupaten Gorut utuh dan berkekuatan hukum yang kuat.

“Kami bersama tim Penegasan Tapal Batas Gorut sejatinya telah menyusun langkah-langkah strategis dalam upaya mempertahankan batas wilayah Kabupaten Gorut yang utuh,” kata Kaban Kesbangpol Gorut Wahab Paudi, di Ruang Pola Kantor Bupati Gorut Senin (27/8).

Pihak Pemda Gorut telah menyiapkan fakta dan data sejarah tentang peraturan menyangkut tapal batas Gorut dalam bentuk dokumen. Hal itu disiapkan berdasarkan batas waktu 12 hari yang telah ditentukan hingga pertemuan dengan pihak Kemendagri.

Sementara itu, Ketua KPK Gorut yang juga Tim Penegasan Wilayah Gorut Thariq Modanggu mengharapkan keterlibatan pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk memediasi. Menurut Thariq, campur tangan Pemprov Provinsi sangat dibutuhkan agar pengambilan keputusan maupun kesepakatan bersama dalam tapal batas ini tidak ada daerah yang merasa dirugikan.

“Dalam beberapa hari ke depan kami akan bertemu dengan Gubernur Gorontalo menyangkut komitmen pemerintah Provinsi Gorontalo dalam mempertahankan Kesatuan Wilayah Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorut,” kata pria terpilih sebagai Wakil Bupati Gorut dalam Pilkada serentak lalu itu.

Selain itu, lanjut Thariq, ada sejumlah data dan dokumen yang perlu dilengkapi diantaranya UU Pembentukan Daerah dan Peta Lampirannya, peraturan Batas Daerah, Peta Topografi, dokumen kesepakatan batas wilayah maupun sejarah, data dari berbagai aspek sosiologis, historis, yuridis, geografis dan pemerintahan.

“Sehingga di sisa waktu yang tinggal 12 hari ini, data dukungan tersebut sudah harus rampung dan dikaji bersama demi menjaga batas wilayah Kabupaten Gorut khususnya yang ada di wilayah perbatasan Kecamatan Tolinggula CS,” pungkas Thariq.

Diketahui, Pemerintah daerah Kabupaten Gorut melalui Badan Kesbangpol Gorut menggelar rapat pembahasan tugas tim Penegasan Tapal Batas Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorut, Provinsi Gorontalo dengan Kabupaten Buol, Sulteng, Senin (27/8). Rapat ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Gorut, Djafar Ismail, Ketua Komite Pembentukan Kabupaten (KPK) yang juga Wakil Bupati Terpilih, Thariq Modanggu dan Kaban Kesbangpol Gorut, Abdul Wahab Paudi.(KR06)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Facebook

Terpopuler