Bupati Indra Dorong Produksi "Gula Soba" Atinggola Terus Ditingkatkan - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

Bupati Indra Dorong Produksi “Gula Soba” Atinggola Terus Ditingkatkan

Published

on

Permen Soba Foto:Istimewa

Gorut, KRONOLOGI – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengajak para pengrajin dan kelompok usaha mikro kecil di Kabupaten Gorontalo Utara untuk terus mengembangkan produksi permen khas daerah Provinsi Gorontalo, yakni Gula Soba. Bupati Indra mengingkatkan bahwa Gula Soba yang menjadi produk tradisional Gorontalo keberadaannya sudah terancam terlupakan saat ini.

Bupati Indra Yasin mengatakan, Gula Sobat ini mendapat pujian dan disukai oleh Tim Deputi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia asal Jakarta. Indra bercerita, kala itu Tim Deputi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia berkunjung ke ruangannya beberapa waktu lalu.

Kunjungan tim Deputi tersebut guna memaparkan program sosialisasi dan Fasilitasi tentang Hak Paten produksi Gula Aren yang ada di Kecamatan Atinggola.Salah satu produk yang bahan bakunya berasal dari Gula Aren tersebut yakni Gula Soba.

Bupati pun sempat memberikan contoh Gula Soba yang langsung dicicipi Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan regulasi Bekraf pusat, Bapak Ari Juliono Gema. “Saya menyampaikan bahwa Gula Soba merupakan salah satu produk Tradisional daerah Gorontalo yang berasal dari bahan Gula Aren,” kisah Indra Yasin.

Indra melanjutkan, berdasarkan sejarah gula aren sebelum dipasarkan wajib untuk dicoba. Sehingga orang tua di masa itu yang sudah tidak memiliki gigi menamai Gula Coba dengan sebutan Gula Soba.

“Alhamdulillah produknya sudah dicoba pak deputi. Kesannya pun positif, bahkan beliau minta untuk dipesankan lagi untuk ole-ole beliau nanti sebelum ke jakarta,” cerita Bupati kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Atinggola beberapa waktu lalu.

Ia pun berharap potensi Gula Soba yang ada saat ini di Kabupaten Gorut harus lebih dikembangkan.”Produksi usaha kecil di Atinggola harus terus menjaga tradisi dan Produk Gula Soba yang saat ini sudah mulai dilupakan dimasyarakat saat ini. Ayo, kita mulai dari Kecamatan Atinggola,” pungkas Bupati Indra Yasin.(KR06)

Trending

Facebook

Terpopuler