Bentuk Panitia Pemilihan, Bupati Gorut Berharap Lahir Pilkades Terbaik - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Daerah

Bentuk Panitia Pemilihan, Bupati Gorut Berharap Lahir Pilkades Terbaik

Published

on

Bupati Indra Yasin saat mengambil sumpah Panitia Pemilihan Kepala Desa. Foto: Humas.

Gorut, KRONOLOGI – Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, melantik Panitia Pemilihan Kepala (PPK) desa serentak gelombang kedua kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018, Kamis (23/8). PPK yang berjumlah lima orang ini memiliki tugas yang tidak ringan, bagai Panwaslu dalam kontestasi Pilkada serentak lalu.

Bupati Indra mengungkapkan, ada 90 kepala desa yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2018 ini di Kabupaten Gorut. Sehingganya, Kabupaten Gorut akan menggelar pemilihan kepada untuk menetapkan kepala desa yang baru. “Tentu Hal ini diharapkan jangan berlangsung terlalu lama. Harus ada kepala desa yang definitif,” kata Indra.

Pemilihan kepala desa ini akan dihelat layalnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Mereka yang ingin mendaftarkan diri menjadi kepala desa bisa dari masyarakat ataupun pegawai negeri sipil.

Bupati Indra meyakini, akan ada persaingan dan kampanye guna menyuarakan visi dan misi calon nantinya. Sehingganya dibentuk PPK yang akan bertugas menjaga netralitas dan menggelar pemilihan.

Kehadiran panitia pemilihan kepala desa diharapkan mampu menyosialisasikan aturan dan mekanisme pemilihan Kepala desa. Agar kepala desa yang lahir nantinya merupakan orang yang tepat dan berkompeten. “Jangan sampai ada permasalahan yang terjadi beberapa waktu lalu yakni 4 kepala desa yang bermasalah hingga ke ranah Hukum,” imbuh Indra Yasin.

Indra melanjutkan, PPK juga harus terus berkoordinasi dengan pihak terkait baik camat, maupun pimpinan Daerah sebelum mengambil setiap keputusan. Agar tak ada lagi permasalahan yang terjadi dalam pemilihan kades, seperti yang terjadi di 4 desa dalam pemilihan kades 2017 lalu akibat pengambilan keputusan yang beresiko.

Tahun 2018 ini ada 90 desa yang akan melakukan Pemilihan Kepala desa. “Saya berharap PPK harus menjaga kekompakan, satu suara dalam mengambil keputusan. Persoalan siapa yang layak menjadi ketua, saya serahkan sepenuhnya kepada 5 Anggota PPK yang dilantik hari ini,” pungkas Bupati Indra Yasin.(KR06)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Facebook

Terpopuler