Manfaat Air Bagi Metabolisme Tubuh Kita - kronologi.id
Connect with us
alterntif text

Lifestyle

Manfaat Air Bagi Metabolisme Tubuh Kita

Published

on

Air memegang peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh manusia.

Jakarta, KRONOLOGI – Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan tidak kekurangan cairan, sangat dianjuran untuk minum air dua liter atau sekitar delapan gelas setiap hari. Anjuran ini bukan tanpa alasan, karena air memiliki peranan penting bagi metabolisme tubuh manusia. Apa saja fungsi ari bagi tubuh? Berikut enam fungsi air bagi metabolisme tubuh kita.

1. Pembentuk sel dan cairan tubuh

Unsur utama sel, kecuali sel lemak, adalah air, yaitu 70-85 persen. Air berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh, seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim dan sebagainya. Selain itu air juga terdapat dalam otot dan berguna menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi.

2. Pengatur suhu tubuh

Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Melalui produksi keringat yang sebagaian besar terdiri atas air dan garam, air turut mendinginkan suhu tubuh.

3. Pelarut

Air melarutkan zat-zat gizi lainnya dan membantu proses pencernaan makanan. Karena air merupakan zat anorganik, air tidak dicerna. Air dengan cepat melewati usus halus dan sebagian besar diserap kemudian turut berfungsi sebagai salah satu komponen mukus agar sisa zat makanan dapat keluar sebagai feses.

4. Pelumas dan bantalan

Air juga berfungsi sebagai pelumas atau lubrikan dalam bentuk cairan sendi, yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Air juga berfungsi sebagai bantalan tahan getar (shock absorbing fluid cushion) pada jaringan tubuh, misalnya pada otak, mata, medula spinalis, dan kantong amniom dalam rahim.

5. Alat transportasi

Karena sturkturnya yang terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, air mudah bergerak dari satu kompartemen sel ke komparatemen sel lainnya, dari satu sistem tubuh ke sistem lainnya. Air merupakan media transportasi yang efektif. Dalam sistem pernapasan, air membantu transportasi oksgien ke seluruh tubuh.

6. Detoksifikasi

Tubuh menghasilkan berbagai sisa metabolisme yang tidak diperlukan termasuk toksin. Berbagai sisa metabolisme itu dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas, dan kulit. Dan untuk mengeluarkan zat-zat sisa tersebut memerlukan media, yaitu air.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Facebook

Terpopuler